PENGATURAN YANG WAJIB DIATUR PADA IPHONE DAN IPAD BARU

blogger templates
Cara setiap orang menggunakan iPhone yang baru untuk pertama kalinya selalu berbeda. Seorang geek bisa segara mengupas dan mengatur iPhone agar sesuai dengan kebutuhan dia. Sahabat Anda mungkin tidak demikian. Ia mungkin tidak terbiasa menggali lebih dalam teknologi yanh ia gunakan, membutuhkan bantuan Anda ketika iPhone dia bermasalah. Atau Anda sendiri masih bingung menggunakan iPhone?
Berbagai artikel seputar iPhone, khususnya review dan tutorial, bisa ditemukan di MakeMac. Tetapi sebagian besar pembaca tidak mengetahui hal-hal yang perlu diatur ketika menggunakan iPhone dan iPad pertama mereka. Artikel ini akan menunjukkan beberapa pengaturan yang penting di iPhone dan iPad. Pengaturan-pengaturan berikut bisa melindungi informasi pribadi Anda dan mempermudah pelacakan ketika iPhone hilang atau dicuri oleh orang lain.

1. Menyalakan Passcode

Sulit membayangkan sebuah iPhone tanpa passcode. Sebuah iPhone tanpa passcode membawa berbagai ancaman terhadap diri Anda, misalnya penyalahgunaan informasi pribadi. Kesannya memang berlebihan, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari pentingnya melindungi informasi dalam iPhone dengan langkah yang sederhana ini.

PENGATURAN YANG WAJIB DIATUR PADA IPHONE DAN IPAD BARU

Jangan lupa menentukan durasi Require Passcode. Semakin singkat durasinya, semakin aman iPhone Anda.

2. Auto-lock

Setelah menentukan passcode buat iPhone, selanjutnya adalah mengatur interval waktu auto-lock. Biasanya saya mengatur lamanya menjadi 15 menit. Jangan sampai lupa menyalakan auto-lock karena apabila bukan dalam keadaan lock, fungsi require passcode tidak akan berjalan.

3. Menyalakan Find My iPhone/iPad



Find My iPhone adalah fitur yang mengizinkan Anda melacak lokasi iPhone melalui iCloud. Fitur ini berguna ketika iPhone tersembunyi di antara tumpukam pakaian atau tergelentang di dapur. Anda bahkan bisa melacak iPhone, jika terjadi, yang dicuri. Meski mengetahui lokasi iPhone tidak menjamin Anda bisa mendapatkannya dari sang pencuri, namun paling tidak Anda mengetahui keberadaannya dan siapa tahu, Anda bisa mendapatkan iPhone tersebut kembali.

4. Pasang Aplikasi Find My iPhone

Jangan lupa memasang aplikasi yang satu ini di semua perangkat iOS Anda. Selain bisa membantu diri Anda ketika kehilangan iPhone, Anda juga dapat meminjamkan iPad atau iPhone Anda ke sahabat yang kehilangan iPhone. Dengan menggunakan Find My iPhone, Anda tidak perlu masuk melalui iCloud untuk mengakses fitur-fitur seperti Lost Modes, Play Sound, dan Erase iPhone.

5. Aktifkan Find My Friends

Find My Friends bisa berfungsi sebagai pendamping Find My iPhone dalam proses pelacakan. Dengan mengizinkan beberapa sahabat Anda mengetahui posisi iPhone, maka Anda bisa meminta mereka membantu melacak iPhone yang hilang berdasarkan posisi yang muncul di Find My Friends.

6. Batasi Dengan Restrictions

Restrictions adalah fitur iOS untuk membatasi akses dari pihak ketiga terhadap fitur-fitur tertentu dalam iOS. Menyalakan fitur ini berguna untuk mencegah tangan-tanga jahil, terutama sang pencuri.



Don’t Allow Changes Buat Services dan Accounts
Beberapa pengaturan yang perlu diperhatikan yaitu Location Services dan Accounts. Tentukan passcode yang berbeda untuk restrictions dan pilih Don’t Allow Changes buat Location Services dan Accounts. Dengan demikian, sang pencuri tidak dapat mematikan location services, ataupun mengubah informasi iCloud, Messages, dan FaceTime.

7. Jailbreak Dan Pasang Lebih Banyak Aplikasi

Seandainya Anda ingin mendapatkan lebih banyak informasi dalam proses pelacakan, misalnya foto sang pelaku, maka melakukan jailbreak dan memasang aplikasi dari Cydia bisa menjadi pertimbangan.

8. Update, Backup & Restore iOS

Usahakan iOS selalu menggunakan versi terbaru agar setiap fitur bisa berjalan dengan lancar. Dan satu hal lagi. Selalu backup. Baik iOS maupun OS X, backup merupakan sebuah kewajiban. Tanpa melakukan backup, Anda mempertaruhkan semua informasi Anda dalam satu perangkat. Seandainya Anda tidak bisa menemukan kembali iPhone yang sudah hilang, paling tidak, Anda bisa mengembalikan isinya pada iPhone baru nanti.
sumber: makemac

0 Response to "PENGATURAN YANG WAJIB DIATUR PADA IPHONE DAN IPAD BARU"

Posting Komentar